Selasa, 14 Januari 2014

Teropong Bintang Boscha-Lembang




Saya sekarang akan menepati janji saya untuk memporsting daerah wisata di sekitar Bandung. Bagi anda yang pusing untuk liburan kemana apalagi membawa anak-anak di Teropong Bintang Boscha lah tempat yang tepat. Disana anak-anak akan merasa sangat senang melihat bintang yang sangat amat teramat indah.
Teropong Bintang Boscha beralamat di Jalan Peneropongan Bintang, Lembang 40391, Jawa Barat, Indonesia. Untuk mengetahui letak pastinya anda bisa melihat di Google map atau anda bisa melihat di Peta Bandung. Teropong Bintang Boscha atau biasa di kenal Observatorium Bosscha (dulu dikenal sebagai Bosscha Sterrenwacht) adalah salah satu observatorium yang terletak di belahan bumi selatan. Melalui observatorium ini para ilmuwan astronomi Indonesia dan dunia mengintip dan mengkaji dunia luar angkasa yang tidak ada batasnya.
Nama Bosscha diberikan sebagai penghormatan kepada Karel Albert Rudolf Bosscha (1865-1928) sebagai sponsor utama pembangunan observatorium ini. Beliau adalah seorang pengusaha perkebunan teh di daerah Malabar yang mempunyai perhatian yang besar di bidang pendidikan dan ilmu pengetahuan khususnya astronomi. Observatorium Bosscha dibangun oleh NISV (Nederlandsch Indische Sterrenkundige Vereeniging) atau Perhimpunan Bintang Belanda. Pembangunannya berlangsung sejak tahun 1923 sampai tahun 1928. Personel-personel NISV, termasuk Bosscha dan sepupunya R Kerkhoven, berkonsultasi dengan para astronom dan insinyur Belanda untuk mematangkan rencana pendirian observatorium ini. Teropong yang dimiliki Teropong bintang boscha dibeli oleh boscha sendiri yang dari Jerman. Teropongnya terdiri dari Teropong Zeiss & Teropong Bamberg.
Hingga sekarang sudah ada 5 teropong yang aktif dengan objek yang berbeda beda. Teropong tersebut adalah Teleskop Refraktor Ganda Zeiss, Teleskop Schmidt Bima Sakti, Teleskop Refraktor Bamberg,Teleskop Cassegrain GOTO, Teleskop Refraktor Unitron.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar